Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Cara Buat Akun Email Google “Gmail”

0 276

TUTORIAL GOOGLE – Halo sobat Tutor, Apakah kamu baru pertama kalinya akan membuat email? Jika ya berati kamu sudah tepat berada di website tutorial ini.

Nah, Sebelum membahas bagaimana cara membuat Email ada baiknya kamu juga harus tahu apa itu Email serta kegunaannya, Baca dahulu (Apa Itu Email? Serta Kegunaanya).

Tutorial berikut ini adalah bagaimana cara membuat Email Google. Untu diketahui sebenarnya ada banyak jenis Email yang megikuti jenis Domain. Namun saran admin, kamu baik cukup dengan memiliki satu Akun Email Google saja untuk digunakan disemua jenis Akun lainnya.

Sudah siap, Berikut adalah langkah membuat Email Google melalui Dekstop/PC atau Komputer:

  • Buka Browser kamu, bisa menggunakan Browser Mozila, Google Chrome atau lainya. Masukan alamat mail.google.com atau gmail.com , dan kamu akan diarahkan pada laman seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Cara buat Email Google di Komputer langkah 1
Cara buat Email Google di Komputer langkah 1

Setelah terbuka, pilih menu “Buat Akun” dan tekan “Enter” atau berikutnya, dan kamu akan diarahkan pada laman berikutnya seperti langkah 2 dibawah ini.

  • Pada bagian ini silahkan isi dengan Nama kamu yang dimulai dengan “Nama Depan” dan “Nama Belakang” hingga mengisi “Sandi” atau “Password” Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya
Tampilan Menu buat Email Google di Komputer
Tampilan Menu buat Email Google di Komputer Langah 2

Jika semua bagian yang ditunjuk dengan tanda jarum diatas, maka kamu tinggal klik “Enter” atau klik “Berikutnya” dan kamu akan diarahkan lagi ke laman baru berikutnya. (Contoh isian tampak pada gambar dibawah ini)

Contoh isian Field saat membuat akun Email Google
  • Setelah semua terisi dan kamu tekan enter atau berikutnya, maka halaman yang akan terbuka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
membuat email google di PC
Bagian ketiga saat kamu membuat email google di PC (Langkah 3)

Pada bagian ini kamu masih megisi baris seperti tanggal lahir dan jenis kelamin, untuk baris email pemulihan abaikan saja, karena ini baru kali pertama kamu membuat email bukan? Lanjut dengan Klik “Berikutnya”.

  • Setelah akan diarahkan lagi ke laman baru seperti terlihat pada gambar berikut ini;
Persetujuan pengguna saat pertama kali membuat email
Laman Persetujuan pengguna saat pertama kali membuat email google (Langkah 5)

Pada bagian ini kamu harus menekan tombol “Saya setuju” agar email kamu berhasil dibuat, lihat gambar diatas. Kemudian dengan menyetujui kamu akan diarahkan lagi ke laman berikunya.

  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke laman Dashboar Email yang kamu buat, lihat gambar dibawah ini;
Redirect atau mengarahkan anda menuju dashboar email baru
Redirect atau mengarahkan anda menuju dashboar email baru
  • Dan setelah diarahkan kamu akan masuk ke Dashboard seperti tampak pada gambar dibawah ini.
Laman Dashboard Email Google
Laman Dashboard Email saat pertama kali berhasil membuat Email Google
  • Disini kamu cukup tekan “Berikutnya” dan akan diarahkan untuk memilih tampilan email defaul atau lainnya, saya sarankan untuk memilih “Default” dan tekan “OK” atau seperti gambar dibawah ini’
 tampilan email setelah berhasil membuat email pertama kali
Memilih tampilan email setelah berhasil membuat email pertama kali
  • Setelah klik “OK” maka selamat kamu sudah berhasil membuat email Google, dan berikut adalah bagian laman dashboar versi Desktop/PC/Komputer.
Tampilan Dashboar Email Google Baru
Tampilan Dashboar Email Google Baru

Sekarang Email kamu sudah jadi. Ini adalah tahap awal, masih ada tahapan lainnya yang bisa kamu pelajari nanti, seperti, “Bagaimana mengamankan akun email Google dengan Nomer HP?” dan lainnya yang akan dibahas pada Tutoial berikutnya.