Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Apa Itu Email dan Kapan Mulai Ada Pertama Kali

0 638

EMAIL – Cara buat email,  mungkin itu yang pertama kali terlintas di benak kamu saat pertama kali mengenal dunia internet. Dan kamu sudah berada dilaman yang tepat untuk mengetahui cara membuat email.

Apa itu Email?

Nah buat kamu yang pertama kalinya mau membuat email, harus tahu dulu apa itu email? Email adalah sarana untuk mengirim surat atau menerima surat melalui jalur komputer jaringan internet, saat ini bukan hanya komputer melainkan juga bisa melalui Smartphone atau ponsel.

Email mempunyai sebutan lain yaitu Surel (Surat Elektronik) atau Ratel, Pos-el (Pos Elektronik.

Kapan Email Mulai Ada?

Email telah ada atau dipakai sejak tahun 1960 dimana saat itu jaringan internet belum terbentuk seperti sekarang ini, dan penggunaan email pun masih terbatas hanya via kantor pos atau jasa pengiriman pos.

Saat itu email yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan, dan seiring perkembangan, mulai tahun 1980-an surat elektronik (Surel) atau email sudah bisa dinikmati secara umum. Dan sejak saat itu perusahaan pos mulai mengalami penurunan penghasilan karena munculnya jaringan email.

Siapa Penemu Email?

Email meskipun ada sejak 1960-an namun konsep sesungguhnya pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir 1971. Saat itu Tomlinson bekerja disebuah lembaga pertahanan Amerika BBN ( Bolt Beranek ad Newman).

Awalnya dia melakukan percobaan pada komputer yang disebut SNDMSG (SEND MESSAGE) untuk meninggalkan pesan yang bisa dibaca oleh pemakai komputer lainnya. Namun kala itu masih wajar karena satu komputer biasa digunakan secara bergantian.

Percobaannya kemudian berlanjut dengan menghubungkan SNDMSG melalui file Protocol yang disebut CYPNET dan berhasil mengirimkan pesan ke Komputer lain.

Sayangnya itu masih berada pada jaringan yang sama yang disebut ARPAnet, namun itu merupakan cikal bakal adanya Email yang kita gunakan saat ini. Dengan keberhasilannya itu, Tomlinson tercatat dalam sejarah sebagai orang yang pertama kali mengirimkan email di dunia.

Salah satu isi pesannya adalah seperti berikut; “kata kata tes” sepenuhnya dilupakan, Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa,” kata Ray dalam akun Flickr miliknya.

Apa Makna “@” ET untuk Email

Setelah keberhasilan Tom di tahun 1971 mengirimkan email pertama kali, kemudian ditahun berikutnya atau 1972 Tomlinson mengenalkan lambang”@” (dibaca=Et). Makna dari ET digunakan sebagai identitas pemisah antara pengguna dan domain. Dalam bahasa inggris “@” atau “AT” dibaca “ET” yang berati “Kepada”.

Manfaat Email di Era Teknologi Modern

Kalau kata kerennya adalah Jaman Now, maka email sangat penting dan harus punya, buat kamu yang lahir di era milenial dimana sejak lahir sudah menggenggam Ponsel pintar (Smartphone). Karena dengan email kamu bisa mendaftarkan diri dengan membuat akun di jejaring sosial terpopuler seperti facebook, twitter atau banyak lagi.

Bahkan ponsel yang kamu genggam dengan OS Android saat membeli pertama kali, hal yang harus kamu punya adalah email google sebagai alat aktivasi google play store dan juga sebagai akses ke fitur lainnya.

Contoh Email adalah “[email protected]

Saat ini ada banyak jenis email, biasanya email selalu mengikuti domainnya, semisal Yahoo.com, maka saat kamu membuat akun email yahoo, maka emal kamu adalah “[email protected]”.

Nah sejauh ini apakah kamu sudah paham?

loading...