Artikel Referensi Harian Tips & Tutorial

Transaksi Bitcoin “Unconfirmed” Apa Artinya?

0 195

Apa itu istilah “Unconfirmed” dalam hal transaksi Bitcoin?

Sebenarnya, unconfirmed adalah bahasa inggris yang artinya belum dikonfirmasi, biasanya istilah ini ada dalam beberapa kegiatan seperti saat kita mendaftar email baru, atau membuat akun baru.

Namun yang ingin saya bahas disini adalah kaitanya dalam dunia Cryptocurrency.

Dalam suatu transaksi biasanya kita mendapati pemberitahuan (notification) “Unconfirmed”, nah itu berarti transaksi kita belum dikonfirmasi.

Kenapa belum dikonfirmasi? Dalam transaksi bitcoin atau mata uang elektronik lainnya umumnya selalu menggunakan 2 hingga tiga langkah konfirmasi yang harus dilakukan.

Ini bukan hanya terjadi dalam hal transaksi saja, bahkan dalam hal registrasi atau register.

Istilah ‘unconfirmed’ atau ‘belum dikonfirmasi’ menunjukkan bahwa transaksi belum dimasukkan ke dalam blockchain dan masih ada kemungkinan adanya pembatalan dalam transaksi tersebut.

Sebuah transaksi biasanya memakan waktu sekitar 10 menit untuk dikonfirmasi. Ketika itu terjadi, akan terlihat bahwa ada satu konfirmasi di dalam transaksi tersebut.

Setiap blok bertambah satu, maka jumlah konfirmasi juga akan bertambah satu. Untuk mencegah adanya double spending atau adanya satu Bitcoin yang dikirimkan ke dua alamat berbeda, sebuah transaksi sebaiknya tidak dianggap telah berhasil jika belum mendapat konfirmasi.

Berlangganan Artikel
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Kamu Dapat Berhenti Kapan Saja

Situs ini menggunakan cookie dan teknologi pelacakan untuk membantu kemampuan Anda memberikan umpan balik, menganalisis, dan menyediakan konten dari pihak ketiga. Setuju Selengkapnya