Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Ini Blockchain Karya Anak Bangsa untuk Keamanan Siber

0 106

BITCOIN INDONESIA – Blockchain merupakan teknologi dibalik munculnya bitcoin, litecoin, etherum dan lainnya atau mata uang digital atau lebih familiar disebut cryptocurrency.

Seiring perkembangan teknologi, Blockchain tidak lagi identik dengan mata uang digital atau virtual saja.

Melansir detik inet Kamis (20/09/2018) saat ini Blockchain juga merambah sebagai teknologi keamanan siber. Hal itu terlihat dari kerja sama antara Splend yang merupakan penyedia infrastrukstur blockchain dengan salah satu perusahaan keamanan siber Indonesia XecureIT.

Masih dari laman yang sama disebutkan jika keduanya kini tengah membangun ekosistem blockchain Indonesia. Dan uniknya kedua orang dibalik pemabangunan ini adalah benar-benar anak bangsa yang pernah menit karir di luar negri.

Sebut saja Rick Bleszynski, seorang pendiri Splend, dan satunya lagi adalah Gildas Deograt Lumy sang CEO dari XecureIT.

Keduanya telah banyak pengalaman di Silicon Valley dimana mereka sangat mendalami bidang microprocessor dan mendirikan beberapa perusahaan produsen chip untuk internet.

Baca Juga

Salah satu produk besutan Rick Bleszynski banyak mendapat pengakuan tinggi dari perusahaan dunia seperti Cisco, Nokia, hingga Fujitsu adalah Chip buatannya bahkan Intel sempat mengakuisisi perusahaannya bernama Softcom Microsystems di tahun 1999.

Sementara Gildas punya penglaman tinggi dbidang keamanan siber yang ia dapat selama bekerja pada migas internasional. Iapun memutuskan pulang untu dapat berkontribusi di bidang cybersecurity.

Bersama XecureIT, Gildas adalah sosok dibalk berdirinya Pesankita Indonesia (PS), salah satu Platfor layanan berbagi pesan instan.

Lebih jauh, dengan kerjasama keduanya diharapkan mampu meningkatkan teknologi blockchain menjadi solusi terkait masalah keamanan, skalabilitas dan latensi. Apalagi, baik Rick maupun Gildas mengklaim bahwa sejumlah pihak baik dari korporasi maupun pemerintahan mendukung penerapan blockchain untuk diterapkan di berbagai sektor.

Diakui, jika Rc telah menjalin komunikasi dengan beberapa pihak salah satunya yang tertarik dengan blockchain adalah Bank Indonesia. Karena menurutnya, keuangan adalah sektor terpenting untuk diterapkan teknologi tersebut.

Begitupun dengan Gildas yang mengakui jika salah satu Bank tanah air akan memanfaatkan Pesankita Indonesia sebagai aplikasi mobile banking. Dikatakan, PS ibarat Masternya platform, sehingga pihak manapun dapat memanfaatkannya untuk membuat berbagai aplikasi.(*)

Source detik inet
loading...