Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Google Kini Ikuti Facebook untuk Tayangkan Iklan Bitcoin

0 116

GOOGLE BITCOIN – Iklan bitcoin sempat medapat pelarangan oleh Google bahkan tidak menampilkan iklan Bitcoin pada Adsense miliknya sejak pengumuman bulan Maret 2018 yang diberlakukan pada Juni 2018 khususnya pada penawaran koin perdana atau ICO.

Namun seperti dilansir CNBC 26 September 2018, menyebutkan kini Google pun mulai mengikuti langkah Facebook untuk mengizinkan adanya iklan mata uang digital atau Crytocurrency.

Baca Juga: OJK Ingatkan Kalau Bitcoin Belum Legal di Indonesia

Google mulai memberlakukan aturan ini mulai Oktober 2018.

Namun, kebebasan pemasangan iklan ini hanya berlaku bagi wilayah Amerika dan Jepang. Disebutkan bursa penukaran mata uang digital yang terdaftar di kedua negara itu boleh membeli layanan Adsense.

Sementara Iklan Bitcoin Cs di selain kedua negara tersebut masih tetap dalam larangan Google.

Kebijkan yang dibuat Google ini dimaksudkan untuk melindungi konsumen pasca Booming Bitcoin, serta markanya penipuan berprofil yang bermunculan.

Baca Juga

Baca Juga: Pemain Baru Pasar Uang Digital Indonesia, TokoCrypto

Bahkan, platform lain seperti Facebook, Twitter dan Snap kini telah menindakiklan Cryptocurrency sebagai pencegahan aksi kejahatan siber.

Akibatnya, sejumlah bursa penukaran resmi Bitcoin dan kripto ainnya tidak bisa beriklan di media sosial ini.

“Kami tidak memiliki bola kristal untuk mengetahui di mana masa depan apa yang terjadi pada cryptocurrency, tapi kami telah melihat adanya bahaya bagi konsumen atau potensi bahaya untuk konsumen sehingga harus diatur secara hati-hati,” ujar Juru bicara Google Scott Spencer seperti dilansir dari CNBC Internasional, Rabu (26/9/2018).

Lebih lanjut, Kebijakan googleini berlaku bagi para pengiklan seuruh dunia meskipun penayangannya hanya di Amerika Serikat Jepang.

Namun jika ingin menerbitkan iklan dinegaraseain yang disebutkan diatas maka pihak yang berkepentingan harus mengajukan sertifikasi untuk melayani iklan di setiap negara secara individual.

Langkah Google mengikuti Facebook bagi pengiklan cryptocurrency sudah beraku sejak bulan Juni.

Untuk diketahui perusahaan induk Google Alphabet meraup sekitar 86% pendapatannya dari iklan. Pada semester I-2018, total pendapatan iklan Alphabet mencapai US$54 miliar.

loading...