Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Ini Dia Smartphone 5G yang Bakal Laris, Kamu Wajib Punya

0 703

MUTING SATU – Vendor ponsel pintar asal China, OnePlus dikabarkan akan segera meluncurkan Smartphone dengan fitur 5G seperti dilansir kompas beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, dengan disepakatinya standar seluler serta spesifikasi mandiri jaringan generasi ke-lima membuat perusahaan mobile mulai berlomba untuk  menanamkan fitur jaringan 5G dan OnePlus sepertinya akan jadi yang pertama.

Apa Itu 5G?

Jaringan 5G merupakan lanjutan dari Teknologi Jaringan Wireless 4G, 3G, 2G dan G atau nirkabel yang bekerja dengan pita frekuensi-tinggi pada spektrum antara 30 GHz dan 300 GHz.

Digadang, pada pita frekuensi inilah 5G mampu mentransmisikan data lebih besar dan lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Kecepatan 5G dan Generasi Sebelumnya

5G diklaim, dan sudah seharusnya, memiliki kecepatan paling tinggi dibandingkan jsringan “G” sebelumnya. Sebelum 5G—secara umum dan tanpa memperhitungkan anak sebuah generasi jaringan—ada 4 generasi jaringan yaitu 1G, 2G, 3G, dan 4G.

CEO OnePlus, Pete Lau

Masih dari laman yang sama menyebutkan Oneplus telah menyepakati kerja sama dengan operator seluler di Amerika Serikat untuk merilis ponsel 5G. Bahkan perangkat ini akan membuat OnePlus menjadi vendor pertama yang memiliki ponsel 5G di dunia,” kata CEO OnePlus, Pete Lau, seperti dilansir kompas.

Namun demikian CEO Oneplus tidak menyebutkan rincian perangkat 5G yang akan dirilis, besar kemungkinan perangkat yang dimaksud adalah OnePlus 7 yang akan diluncurkan tahun depan.

Perlu diketahui biasanya OnePlus memerkenalkan dua perangkat anyar setiap tahunnya.

Biasanya OnePlus merilis ponsel anyar versi reguler sekitar awal tahun. Kemudian enam bulan berikutnya atau sekitar pertengahan tahun perusahaan merilis satu ponsel lagi dengan embel-embel T di bagian belakang semisal OnePlus 6T.

OnePlus sendiri memang berada dalam kondisi yang lebih menguntungkan ketimbang vendor lain. OnePlus memiliki kedekatan relasi bisnis dengan produsen chipset Qualcomm.

Sehingga tak menutup kemungkinan OnePlus bakal jadi vendor pertama yang mendapat pasokan chipset 5G dari Qualcomm, seperti dikutip KompasTekno dari The Inquirer, Selasa (3/7/2018)

OnePlus bukan satu-satunya vendor yang berambisi untuk menjadi yang pertama merilis ponsel 5G. Huawei juga memiliki tekad serupa. Vendor asal China ini mengumumkan akan merilis ponsel 5G pertama pada 2019 mendatang.

Aturan standar jaringan 5G sendiri sudah ditandatangani oleh konsorsium internasional. Dengan standarisasi ini jaringan 5G bisa digelar di tempat-tempat yang telah memiliki infrastruktur yang memadai.

Keseluruhan proses standarisasi jaringan 5G ini memakan waktu selama kurang lebih 3 tahun sejak 2015 lalu. Aturan ini sangat krusial untuk menggelar jaringan 5G yang merata secara global.

Layanan komersil jaringan 5G pun ditargetkan akan dimulai bisa dinikmati tahun depan. Namun ini bergantung kesiapan operator lokal dalam menyediakan infrastrukturnya.

Bagaimana menurutmu?

loading...