Artikel Referensi Harian Tips & Tutorial

Saksikan, Gerhana Bulan Parsial 17 Juli 2019, Ini Lokasi Terbaik untuk Melihat

0 147

FENOMENA ALAM – Gerhana Bulan Parsial akan kembali terjadi pada 16-17 Juli 2019 dan bisa dilihat diseluruh wilayah Indonesia.

Namun meski dapat dilihat di seluruh wilayah indonesia, menurut pengamat hanya Indonesia bagian barat saja yang bisa melihat secara sempurna seperti dilansir oleh suara.com, Sabtu (13/72019).

Baca juga: Inilah Komposisi Unik Cincin Milik Planet Saturnus

Masih dari laman yang sama, kenapa Indonesia bagian barat yang bisa menyaksikan secara sempurna adalah karena saat Gerhana terjadi, posisi Bulan sudah berada di langi barat.

Sementara, untuk Indonesia bagian tengah dan Timur meski bisa menyaksikan namun tidak sempurna karena posisi bulan sudah dalam posisi terbenam.

melansir dari laman timeanddate, Pada Gerhana Bulan 17 Juli nanti sekitar 65 persen wajah Bulan akan masuk kebayangan umbra Bumi sehingga Bulan akan tampak merah. sementara wilayah Bulan lainnya akan terlihat seperti biasa.

Untuk diketahui, Gerhana Bulan Parsial pada 17 Juli 2019 ini akan terjadi sekitar pukul 03:00 WIB atu 05:00 WIT dan puncak Gerhana terjadi pada pukul 04:30 WIB atau 06:30 WIT, dimana Indonesia Timur tidak bisa lagi menyaksikan puncak Gerhana karena Matahari telah terbit.

Negara-negara Afrika bagian timur hingga ke Timur Tengah merupakan bagian atau wilayah yang berada pada titik pusat Gerhana bulan Parsial.

Gerhana bulan parsial ini selain Indonesia, dapat disaksikan juga di Afrika, Eropa, Timur Tengah, Amerika Selatan, Asia tengara, Australia hingga Oseania.

Berlangganan Artikel
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Kamu Dapat Berhenti Kapan Saja

Situs ini menggunakan cookie dan teknologi pelacakan untuk membantu kemampuan Anda memberikan umpan balik, menganalisis, dan menyediakan konten dari pihak ketiga. Setuju Selengkapnya