Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Hebat, Jokowi Bangun Markas Avengers di Papua

0 947

MERAUKE (MUTING SATU) – Monumen Kapsul Waktu yang menyerupai logo The Avenger dalam film Marvel yang sedang dibangun di Kabupaten, Merauke menjadi perbincangan hangat netzen di media sosial.

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya itu terkait dengan pidato Presiden Joko Widodo yang menyebut dirinya adalah Avenger pada saat acara World Economic Forum di Vietnam beberapa waktu lalu.

Diketahui, Logo Avengers dalam film Marvel yang terletak di menara Stark memang sangat mirip dengan monumen kapsul waktu yang tengah dalam pembangunan di Kota Merauke, dimana desainnya menyerupai huruf A dikelilingi lingkaran.

Monumen Kapsul Waktu Mirip Logo Avenger tampak udara
Monumen Kapsul Waktu Mirip Logo Avenger tampak udara (Images via: detik finance)

Apa itu Monumen Kapsul Waktu?

Ide Kapsul Waktu yang kini tengah dibangun berawal dari Presiden Joko Widodo pada HUT RI ke-70 tahun 2015 lalu. Kapsul waktu sendiri adalah sebuah tempat penyimpanan tulisan serta harapan juga mimpi anak-anak indonesia yang dibawa secara estafet dari Aceh dan berakhir di Merauke dan akan dibuka kembali pada tahun 2085 atau 70 tahun mendatang.

Pelepasan Kapsul Waktu
Pelepasan Kapsul Waktu (Images via: Kompas)

“Ide pembangunan monumen untuk menyimpan Kapsul Waktu berasal dari Presiden Jokowi pada HUT ke-70 Kemerdekaan Indonesia tahun 2015 dan akan dibuka kembali pada 70 tahun mendatang. Kebetulan saya hadir saat dimulai di Sabang dan ikut menerima di Kalimantan Timur dan Merauke. Kami ditugasi membangun monumen untuk
menyimpan Kapsul Waktu yang akan dibuka pada tahun 2085,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (18/9/2018).

Lokasi Monumen Kapsul Waktu

Untuk lokasinya sendiri, Monumen Kapsul Waktu berada diantara Bandara Mopah Merauke dan Kantor Bupati Merauke, tujuannya adalah agar bisa menjadi Landmark bagi Kabupaten Merauke yang bisa dilihat siapa saja dari udara saat akan mendarat dengan pesawat. Seperti dilansir detik.com, Rabu (19/09/2018) disebutkan luas areal monumen yang menyerupai Logo The Avenger ini mencapai 2,5 ha dimana 1,5 ha-nya digunakan sebagai alun-alun.

Lokasi Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke
Lokasi Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke (Images via: Tribunnews)

Arsitek Dibelakang Monumen Kapsul Waktu

Monumen ini dibuat dengan kunci Angka, dan didesain oleh arsitek kenamaan indonesia, Yori Anwar, Yori diketahui juga merupakan arsitek yang mendesain pekerjaan program infrastruktur PUPR. Angka 17, 8, dan 45 dipilih sebagai angka kunci ukuran monumen dimana lebar monumen adalah 17 meter tinggi 8 meter dan panjang 45 Meter. Angka itu merupakan angka dari hari lahirnya bangsa Indonesia.

Keunikan Monumen Kapsul Waktu

Selain angka, ternyata untuk masuk ke monumen ini hanya ada lima akses masuk, lima akses masuk ke monumen ini juga memiliki arti yakni adanya lima suku asli di Kabupaten Merauke yaitu, Marind, Mappi, Mandobo, Muyu dan Auyu yang menjaga tugu kapsul waktu tersebut.

Baca Juga

Dari sisi konstruksi, monumen ini bukan bangunan biasa, namun merupakan karya seni sejarah yang tentu saja diperuntukan bagi generasi penerus bangsa. Sang Arstek juga memasukan unsur budaya papua kedalam monumen ini, dimana Kapsul waktu nantiny akan ditempatkan tepat diatas bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

Kapan Monumen Kapsul Waktu Mirip Avengers ini Dibangun?

Dilansir dari detik.com, pembangunan yang tengah dalam pengerjaan ini sudah dimulai sejak Tahun 2016 lalu daan terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pembangunan pondasi, sementra sisanya dilakukan sejak Juli 2017 dan direncanakan rampung tahun ini.

Manfaat ‘Monumen Kapsul Waktu’ yang Dibangun Jokowi di Papua

Menurut Bupati Merauke Frederikus Gebze, monumen yang mirip Markas Avengers ini merupakan karya seni sejarah yang diperuntukkan untuk generasi penerus bangsa dimana nantinya akan diceritakan pula dalam bentuk relief perjalanan napak tilas Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Mengenai lokasi yang dipilih mengapa merauke, Bupat menjelaskan hal itu terait dengan pembangunan indonesia

“Karena itu ini ditaruh di ujung timur yang tiap hari matahari memancar bagai mata yang menggambarkan pembangunan Indonesia,” katanya seperti dilansir detik.

Selain itu, monumen ini juga akan menjadi destinasi wisata sejarah di kota merauke kedepannya dan bisa meningatkan kunjungn wisatawan Indonesia khususnya di daerah perbatasan.

Kontraktor Dibalik Pekerjaan Markas Avengers (Monumen Kapsul Waktu)

Salah satu perusahaan konstruksi atau pengembang yang terlibat dalam pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kota Merauke adalah PT Nindya Karya (Persero).

Berapa Anggaran Dana untuk Membangun Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Melansir detik Finance, Selasa (18/9/2018) dari data Kementerian PUPR menyebutkan pembangunan monumen kapsul waktu tersebut merupakan paket kontrak yang dimulai sejak 2016 dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp 89,9 miliar yang diambil dari pagu anggaran Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Berikut adalah rincian alokasi anggaran pembangunan Monumen Kapsul Waktu:

Pembangunan tahap I sebesar Rp 7 Miliar sebagai pekerjaan pondasi.

Pembangunan tahap II anggaran sebesar Rp 82,9 miliar.

Source detik finance