Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Tangkal Pengaruh China, Australia Akan Bangun Basis Militer di Papua

0 531

PAPUA NUGINI (MUTING SATU) – Meluasnya pengaruh China di kawasan Pasifik membuat Australia mengambil langkah dengan berencana membangun pangkalan Angkatan Laut baru di Papua Nugini.

Basis angkatan laut yang rencananya dibangun di Pulau Manus tersebut saat ini masih dalam proses penyeselesaian perjanjian militer dengan Papua Nugini sebagaiman dilansir CNN, Kamis (20/09/2018) yang mengutip laporan salah satu surat Australia, The Australian.

Dalam Koran tersebut juga disebutkan bahwa sejumlah pejabat pertahanan Australia telah meninjau langsung tempat yang direncanakan dibangun pangkalan Militer di Pulau Manus tak lama setelah Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O’Neill, mengunjungi Brisbane pada bulan Juli lalu.

Terkait kabar pembangunan pangkalan di Militer Angkatan Laut Australia di Pulau Manus tersebut Perdana Mentri Australia, Scott Morrison tidak membantah ataupun mengonfirmasi. Dia hanya mengatakan “kawasan Pasifik adalah area prioritas yang strategis bagi kepentingan keamanan nasional Australia.”

“Saya tidak akan berkomentar terhadap spekulasi terkait isu keamanan nasional, itu akan menjadi hal yang tidak pantas,” kata Morrison, Rabu (19/9) lalu seperti dilansir CNN dikutip dari AFP.

Sebelumnya, rencana pembangunan basis militer laut tersebut muncul karena adanya laporan yang menyebutkan jika China tengah mendekati Vanuatu untuk membuka pangkalan Militer baru di sana.

Hal lainnya yang juga menjadi pertimbangan Australia adalah jika selama ini diketahui Beijing telah bermain lama dalam memberikan bantuan miliaran dollar serta invenstasi infrastruktur kepada Negara-negara di samudra pasifik, dimana kawasan ini juga dianggap penting secara strategis sebagai gerbang maritime ke Asia.

Bahkan, Australia yang juga punya riwayat kerja sama militer dengan sekutu dekat Washington ini telah lama mengawasi meluasnya pengaruh China di kawasan.

Bahkan tak jarang jika Australia menjadi kritikus bagi diplomasi China dikawasan tersebut.

Selain pangkalan militer di Papua Nugini,direncanakan tahun ini Australia juga akan menegosiasikan kerjasama membangun kabel komunikasi bawah laut di Pulau Solomon dan Papua Nugini.(*)

loading...