Artikel Referensi Harian Tips & Tutorial

Ini 10 Manfaat Lempuyang yang Perlu Kamu Tahu

0 333

MUTINGSATU.COM – Tahukah kamu apa itu Lempuyang? Lempuyang merupakan sejenis tumbuhan rempah yang pada umumnya hidup didaerah tropis di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Zingiber Zerumbet L ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. melansir doktersehat.com, Lempuyang diketahui memiliki tiga varietas yaitu lempuyang gajah (Zingiber zerumver Sm), lempuyang pahit (Zingiber amaricanus BL) dan lempuyang wangi (Zingiber araomaticum Val).

Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan

Berdasarkan data ilmiah, setiap tumbuhan herbal yang berguna untuk kesehatan tidak lepas dari zat yang dikandung didalamnya, begitupun dengan Lempuyang yang memiliki banyak zat baik seperti senyawa fenolik, Alkaloids, folifenol, terpenes, monoterpen dan seskuiterpen.

Selain zat yang berperan dalam dunia medical terebsar, ternyata Lempuyang juga mempunyai minyak esensial yang mengandung senyawa aktif berupa zerumbone, zingiberene, caryophyllenedan hemulene yang juga bermanfaat untuk kesehatan.

Namun, meski penemuan zat dan senyawa baik untuk kesehatan baru diketahui masa kini, hal yang terunik adalah bahwa Lempuyang sudah digunakan sebagai bahan pengobatan oleh orangtua kita dimasa lalu.

Berikut adalah 10 Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan

Lempuyang Dapat Mengatasi Infeksi

Manfaat pertama yang dimiliki Lempuyang adalah dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri, dari sejumlah studi disebutkan ekstrak rimpang dari Lempuyang Wangi sangat efektif dalam menyembuhkan infeksi khususnya bakteri Bacillus subtilis penyebab penyakit seperti endokarditis, infeksi mata, dan meningitis.

Selain itu Lempuyang Wangi juga dapat membunuh bakteri Salmonela typhi yang menjadi pemicu penyakit Tifus.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ekstrak etanol dari lempuyang pahit sangat efektif dalam menurunkan kadar gula dalam darah,karenanya Lempuyang juga baik untuk penderita diabetes. Selain Lempuyang Pahit kandungan Etanol juga terdapat pada Lempuyang Gajah

Lempuyang Dapat Meredakan Kejang-Kejang

Lempuyang mengandung Zerumbon, merupakan senyawa yang berdasarkan studi mampu mengatasi kejang kejang otot atau keram. Namun belum diketahui secara pasti seberapa besar efeknya dalam mereda kejang-kejang, jika kejang tak juga mereda setelah diberikan Lempuyang sebaiknya dibawa ke Dokter.

Lempuyang sebagai Obat Gatal-Gatal Akibat Alergi

Satu lagi Kandungan yang terdapat pada Lempuyang adalah Antihistamin yang mampu mengatai gatal-gatal akibat Alergi. Dalam kasus ini banyak yang sudah terbukti dan dialami banyak orang. Karenanya jika mengalami Alergi dan dirumahmu ada Lempuyang tak payah untuk mencari obat ke Apotik, atau ke Dokter, cukup gunakan Lempuyang.

Lempuyang Sebagai Obat Nafsu makan

Dengan mengkonsumsi rimpang Lempuyang secara rutin juga bisa meningkatkan daya nafsu makan, terutama pada anak-anak, selain penambah nafsu makan, Lempuyang juga sebagai obat cacing alami yang sangat efektif, maka jangan heran jika Lempuyang selalu masuk dalam daftar komposisi ramuan herbal khusus untuk anak.

Lempuyang Dapat Mencegah Kanker

Selain, dapat menurunkan kadar gula darah, kandungan Etanol dalam Lempuyang juga memiliki sifat anti Kangker, khususnya Lempuyang Wangi.

Meski fakta khasiat lempuyang dalam mencegah kanker ini belum kuat, tapi tak ada salahnya bagi Anda mengonsumsinya sebagai salah satu cara untuk meminimalisir risiko kanker.

Lempuyang Bisa Mengobati Penyakit Lambung

Kandungan lempuyang yang kaya berbagai jenis senyawa aktif sangat bermanfaat untuk lambung Anda. Mulai dari merawat kesehatan fungsi lambung hingga mengatasi sejumlah masalah lambung seperti refluks asam lambung dan tukak lambung.

Lempuyang Bisa Atasi Pembengkakan Kaki Pasca Melahirkan

Wanita pasaca melahirkan terkadang mengalami bengkak pada kaki. cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi Lempuyang selama beberapa minggu pasca melahirkan.

Selain mengatasi pembengkakakan pada kaki akibat melahirkan Lempuyang juga bisa membantu rahim seusai melahirkan, salah satu kandungannya adalah antioksidan dimana mampu mengatasi kangker, terutama kangker rahim yang menjadi momok bagi wanita.

Lampuyang Bisa Mengatasi Penuaan Dini

Manffat Lempuyang yang satu ini mungkin jangan dilewatkan, pasalnya Lempuyang mampu mengatasi penuaan dini.

Lempuyang Bisa Atasi Masuk Angin

Lempuyang memiliki kesamaan dengan Jahe dimana mempunyai efek menghangatkan, efek tersebut bisa digunakan untuk gejala masuk angin, dengan cara direbus dan diminum airnya dalam keadaan hangat.

Nah, itulah Sepulu Manfaat Lempuyang bagi kesehtan tubuh manusia, mungkin saja masih banyak manfaat yang belum ditemukan dalam tanaman ini, tapi satu hal bahwa lempuyang merupakan rempah yang sering digunakan orangtua dulu dalam berbagai hal. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan pada setiap artikel yang kamu baca di laman ini.

Berlangganan Artikel
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Kamu Dapat Berhenti Kapan Saja

Situs ini menggunakan cookie dan teknologi pelacakan untuk membantu kemampuan Anda memberikan umpan balik, menganalisis, dan menyediakan konten dari pihak ketiga. Setuju Selengkapnya