Artikel Referensi Harian Tips & Tutorial

Begini Proses Terbentuknya Lubang Hitam atau Black Hole di Galaksi

0 225

Black Hole atau Lubang Hitam yang juga punya julukan sebagai “vacum cleaner” nya kosmik karena menghisap semua material yang berada didekatnya.

Baca juga: Saksikan, Gerhana Bulan Parsial 17 Juli 2019, Ini Lokasi Terbaik Untuk Melihat

Materila yang terhisap ke dalam balck hole akan membentuk spiral seperti pusaran air yang memasuki saluran pembuangan.

Bagaimana Black hole Tercipta Secara Ilmiah?

Kepastian terciptanya lubang hitam masih sebatas hipotesa. Terbentuknya Lubang Hitam terjadi ketika bintang mati hancur akibat tarikan gravitasi atau saat dua bintang bertabrakan kemudian melebur satu dengan lainnya dengan melepaskan energi yang sangat besar.

Dari Massa leburan bintang tersebut terbentuklah titik dengan gravitasi luar biasa, dimana titik tersebut merupakan sebuah lubang hitam atau Black Hole.

Inti lubang hitam awalnya kecil, namun semakin banyak ia menghisap material luar angkasa, maka bentuk ukurannya menjadi semakin besar.

Baca juga: Inilah Komposisi Unik Cincin Milik Planet Saturnus

Dari pelacakan para Astronom, ada lubang hitam yang sangat besar di pusat galaksi Bima sakti yang memiliki bobot 3 juta lebih berat daripada Matahari.

Menurut para ilmuwan, lubang hitam masif juga terdapat disemua galaksi yang bila berdekatan maka akan melebur bersama dengan lubang hitamnya.

Berlangganan Artikel
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Kamu Dapat Berhenti Kapan Saja

Situs ini menggunakan cookie dan teknologi pelacakan untuk membantu kemampuan Anda memberikan umpan balik, menganalisis, dan menyediakan konten dari pihak ketiga. Setuju Selengkapnya