Muting Satu
Media Perintis | Berita & Artikel | Informasi Terkini Papua

Ini dia Mobil Bugatti Chiron dari Mainan Lego yang Bisa Dikendarai

0 848

MUTINGSATU.COM – Body adalah komponen terluar dari mobil. Bagian ini menentukan kesan pertama seseorang terhadap mobil. Tiap lekukannya menentukan apakah mobil tersebut dianggap `cantik` atau tidak.

Body juga berkaitan dengan keselamatan penumpang. Apakah body mobil mampu meredam benturan saat terjadi tabrakan, atau tidak. Dalam hal ini, body mobil yang bisa menahan benturan biasanya punya karakter tidak terlalu kaku. Body mobil yang dimaksud termasuk atap, panel pintu, dan balok antar pintu.

Material yang umumnya digunakan adalah baja. Alasannya, baja relatif kuat dan mudah dibentuk.

Namun Apa jadinya jika body mobil dibuat dari material mainan Lego yang pada dasarnya berasal dari plastik?
Mobil dalam ukuran sesungguhnya ini terbilang unik. Bagaimana tidak, lebih dari 1 juta balok Lego tersusun rapi hingga menjadi bentuk mobil dengan ukuran sesungguhnya. Mobil yang ditirunya itu adalah Bugatti Chiron.

Seperti dikutip dari laman oto.detik.com (01/09/2018), lebih dari 1 juta balok plastik Lego disusun dalam waktu 13.000 jam membentuk mobil super Bugatti Chiron. Tak cuma jadi pajangan, mobil ini bisa dikendarai.
Mobil Lego Bugatti ini juga bisa dikendarai di trek Wolfsburg, Jerman, lintasan yang sama ketika Bugatti Chiron asli dites.

Bugatti Lego ini didesain oleh tim asal Republik Ceko yang mengkhususkan diri dalam kreasi untuk atraksi Legoland. Mereka membuat kendaraan, menghubungkan setiap potongan Lego tanpa bantuan lem. Tim menggunakan 339 jenis elemen Lego Technic.

Namun, ada beberapa komponen non-Lego yang dimasukkan. Tim memulai dengan kerangka baja yang memberikan keamanan dan stabilitas struktural untuk menahan berat mobil ini.
Mobil Lego ini dilengkapi roda Bugatti Chiron asli, sistem rem dari go-cart dan power steering dari ATV. Namun, tujuan tim adalah 90 persen kendaraan ini dibangun dari elemen Lego.

Karena bisa dikendarai, mobil ini ditenagai oleh motor listrik dengan dua baterai. Tidak ada pedal gas karena kecepatan mobil didasarkan pada tegangan output motor. Tapi, Bugatti Chiron yang satu ini tidak bisa ngebut, kecepatannya hanya sampai 20 km/jam.