Artikel Referensi Harian Tips & Tutorial

5 Tips Bagi Ibu untuk Anak yang Suka Coklat

0 160

Anak Suka Coklat? Ini 5 Tips Untuk Para Ibu!…Makanan manis seperti coklat adalah satu diantara cemilan yang di gemari anak-anak. Misalnya seperti permen coklat, susu coklat, lolipop, wafer coklat, biskuit coklat dan masih banyak lagi.

Jumpa lagi dalam post saya kali ini yang akan memberikan tips untuk para ibu yang punya anak kecil yang umumnya anak-anak suka dengan cemilan yang dilihatnya.

Tips ini agar kita bisa sedikit membatasi anak dalam mengkonsumsi coklat favorit mereka. Karena jika berlebihan, dapat berakibat buruk bagi anak. Cokelat memang dapat memberikan energi untuk anak, tetapi perlu diperhatikan beberapa hal dalam pemberiannya.

Ketika anak ingin makan coklat, kita sebaiknya dalam membeli coklat memperhatikan dulu kandungan gulanya. Bila kadar gulanya tinggi, sebaiknya pemberian cokelat pada anak perlu dibatasi. Berikut adalah tips pemberian coklat pada anak:

Lihat Kandungan Kafein

Cemilan seperti coklat pada beberapa produk ada yang mengandung kafein. Dan jika dikonsumsi anak berlebihan, kafein punya efek negatif bagi tubuh si anak. Efek negatif itu seperti menyebabkan rasa gelisah, susah tidur, sering buang air kecil (diuretik). Jumlah aman untuk dikonsumsi apabila kandungan kafein sebesar 5mg dalam 28 gram cokelat.

Perhatikan Kandungan Gula

Kandungan gula pada cemilan Coklat adalah salah satu penyebab kegemukan dan juga merusak gigi. Dari hasil penelitian American Heart Association, standar konsumsi gula untuk anak adalah 6,5 sendok teh gula/hari. Jika berlebihan konsumsi makanan mengandung gula bisa mempengaruhi kepekaan insulin dan obesitas. misalnya Minuman cokelat instan, es krim rasa cokelat biasanya tinggi kadar gulanya.

Jenis Coklat

Perlu diketahui bahwa jenis cokelat berbeda-beda. Dark chocolate memiliki kandungan kakao sekitar 30 hingga 70 persen. Cokelat Dark Chocolate mengandung antioksidan tertinggi. Adapun white chocolate mengandung sekitar 10 persen cokelat murni dan tinggi akan lemak.

Porsi Makan Coklat

Dalam pemberian porsi makan coklat pada anak juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan. Agar aman,sebaiknya berikan anak 3 kotak cokelat ukuran kecil dengan ukuran 2cm x 2cm dalam sekali pemberian.Dan anak yang bisa diberi coklat adalah usia diatas 1 tahun.

Efek Samping

Setiap makanan pasti ada efek samping yang ditimbulkannya. Meski sebenarnya cokelat aman dikonsumsi dengan jumlah banyak oleh balita.

Namun pemberian susu dengan campuran rasa cokelat atau cokelat bar yang mengandung susu dapat menimbulkan alergi pada anak yang memiliki riwayat alergi susu atau laktosa intoleran. Makanya untuk tidak memberikan coklat bersamaan dengan susu, atau cokelat yang mengandung susu.

Itu lima tips buat para bunda yang punya sikecil dirumah, agar selalu memperhatikan konsumsi si kecil yang doyan cokelat. Sayang Anak bukan harus berlebihan dalam pemberian makannya, tapi perhatian dalam setiap keinginannya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa apabila ada yang perlu ditambahkan dari Agan dan Sista bisa masukan dikomentar. Follow juga blog ini. Salam.

Berlangganan Artikel
Daftar di sini untuk mendapatkan berita, pembaruan, dan penawaran khusus terbaru yang dikirimkan langsung ke email Anda.
Kamu Dapat Berhenti Kapan Saja

Situs ini menggunakan cookie dan teknologi pelacakan untuk membantu kemampuan Anda memberikan umpan balik, menganalisis, dan menyediakan konten dari pihak ketiga. Setuju Selengkapnya